kumpulan resep membuat masakan indonesia yang enak dan lezat, berbagai macam kuliner dari sabang sampai merauke.

Selasa, 24 November 2015

Resep Membuat Waffle Special yang Lezat

Cara Membuat Waffle - Waffle adalah kue yang sangat populer di negara Belgia dan Amerika, waffle dengan bentuk yang unik seperti batang cokelat yang berlubang-lubang persegi, ini biasa dinikmati dengan topping strawberry, cokelat, madu, sirup maple, ataupun ice cream.
Dalam sejarahnya, kue wafel dan wafer (biskuit) memiliki akar etimologis yang sama. Wafre atau wafer berasal dari Inggris pada tahun 1377 yang diadopsi dari wafel Jerman Tengah, dimana huruf L berubah menjadi R. Wafel Belanda, Gauffre Perancis dan Waffel Jerman semua mengarah kepada kue yang sama.

Resep Membuat Waffle Special yang Lezat
Resep Membuat Waffle Special yang Lezat

Waffel Amerika memiliki banyak variasi namun paling sering dibuat menggunakan adonan beragi dengan baking powder. Sebagian besar wafel tersebut berasa manis, namun ada juga waffel yang ditemukan di bagian selatan Amerika Serikat, menggunakan makanan gurih seperti ayam goreng.

Sedangkan waffel Belgia disajikan dalam bentuk taburan gula diatasnya dengan kuantitas yang lebih kecil dibanding Wafel Amerika. Sementara Wafel Liège yang berasal dari kota dengan nama yang sama, di bagian timur Belgia mempunyai ciri khas waffel yang padat, sangat manis serta renyah. Waffel ini diciptakan oleh seorang koki dari Pangeran Liège pada abad ke-18 dan merupakan adaptasi dari adonan roti brîoche.

Waffel yang sering kita lihat pada jaman sekarang biasa disebut Wafel modern, dimana ide pemanggangan menggunakan dua pelat logam yang dihubungkan dengan engsel sama seperti kue wafer yang tipis dan bermotif kotak-kotak.
Mungkin bila sobat kuliner rasakan tekstur antara Waffle dan Pancake hampir sama, hal ini dikarenakan bahan-nya pun juga sama, namun yang menjadi perbedaan yaitu jika Pancake bentuknya oval atau bulat dan penampilannya itu mulus dan tidak ada isi toppingnya sehingga dalam menikmati pancake harus memakai saus selai atau sirup dalam penyajiannya, sedangkan Waffle jika dilihat secara penampilan bisa beragam, salah satunya Waffle Iron yang memiliki bentuk bulat-bulat kecil berjejer-jejer tanpa putus membentuk lingkaran dan setiap bulatannya ada isi toppingnya yang bisa disesuaikan dengan selera kita, misalnya isi kismis, keju, kacang, coklat, dll.
Dalam penyajiannya Waffle tidak perlu menggunakan saus selai atau sirup namun apabila sobat kuliner mempunyai selera lain misalnya waffle disiram sirup ataupun lelehan coklat, ice cream atau bahan topping lainnya itupun juga tidak akan menjadi masalah. Waffle ini sangat enak di makan ketika masih hangat dan di temani dengan secangkir kopi nikmat. Waffle dapat dijadikan cemilan sehat sehari-hari tanpa ada khawatir efek samping yang membahayakan untuk tubuh, sehingga cocok sebagai hidangan bagi keluarga.

Waffle juga cocok untuk dijadikan bekal jajan bagi si kecil saat sekolah, saat bermain, maupun saat bersantai, dan cocok juga disajikan sebagai hidangan untuk tamu di berbagai acara. Biasanya isi topping Waffle yang paling digemari ialah choco chip dan keju atau kismis.
Dibawah ini akan dibahas secara garis besar Cara Membuat Waffle sederhana namun lezat serta sehat. Simak resepnya, mungkin  jika hasil buatan sobat kuliner sangat lezat, dapat jadikan sebagai peluang usaha sendiri di rumah, apalagi saat ini sedang marak trend bisnis Waffle dengan cara Franchise sehingga akan lebih lebih mudah dalam merintis bisnis.

Bahan Waffle :

- Tepung terigu 250 gram
- Baking powder 1 ½ sendok teh
- Susu 350 ml
- Telur 2 butir
- Mentega 30 gram
- Gula pasir 3 sendok makan
- Garam ½ sendok teh


Pelengkap kue waffle :

• Mentega
• Madu atau sirup
• Selai buah
• Es krim

Cara Membuat Waffle Special yang lezat :

  1. Aduk tepung, bersama dengan  baking powder, dan garam di dalam mangkuk. Buatlah lubang di tengah campuran tepung tadi.  
  2. Kocok kuning telur ke dalam mangkuk yang lain, kemudian masukkan susu.  
  3. Masukkan campuran kuning telur sekaligus ke dalam campuran tepung tadi. Aduk sampai adonan basah dan mengental. 
  4. Bagian penting selanjutnya yakni, kocok putih telur kedalam mangkuk lainnya sampai menjadi kaku dan lembut.
  5. Campur putih telur dengan adonan campuran tepung dan kuning telur, tapi yang perlu diingat yaitu jangan sampai overmix.
  6. Tuang sekitar satu cangkir adonan ke cetakan waffle, tunggu sampai matang, angkat kemudian sajikan dengan menggunakan Mapple syrup, Madu, Es Cream atau buah menurut selera anda.
  7. Waffle siap disajikan

Tips Membuat Waffle : 

  1. Waffle Di sajikan hangat akan terasa lebih nikmat.
  2. Nikmatilah Waffle dengan segelas kopi panas atau Ice Cream lezat

Resep Membuat Waffle Special yang Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown