kumpulan resep membuat masakan indonesia yang enak dan lezat, berbagai macam kuliner dari sabang sampai merauke.

Sabtu, 28 November 2015

Resep Praktis Membuat Ayam Goreng Ala KFC

Hay sobat kuliner ketemu lagi dengan saya yang akan mencoba mengulas tentang Resep Praktis Membuat Ayam Goreng Ala KFC nikmat yang cocok bagi sobat kuliner yang mempunyai hobi memasak dan membuat Masakan untuk hidangan sehat bagi keluarga.

Resep Praktis Ayam Goreng Ala KFC
Resep Praktis Membuat Ayam Goreng Ala KFC

Sebenarnya kunci dalam membuat ayam goreng ala KFC ini yaitu pada tepung dan proses pembuatannya. Supaya tepungnya dapat mengembang renyah.disarankan untuk menggunakan minyak yang banyak (deep fried) agar ayamnya tergoreng merata. Dibawah ini kami berikan ulasan singkat serta tips untuk memasaknya.

Bahan-bahan membuat ayam goreng ala KFC:

1 kg ayam, potong-potong
1/2 sdt garam halus
1 sdt bubuk bawang putih
1/4 sdt bubuk cabe merah kering
1 sdt lada halus
Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis Cair:

300 ml air dingin /air es
40 g tepung maizena
300 g tepung terigu tinggi protein (saran, cap cakra kembar)
1 butir kuning telur
1/2 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt baking soda


Bahan Pelapis Kering:

400 g tepung terigu tinggi protein
1/2 sdt baking soda
1 sdt bubuk bawang putih
100 g tepung maizena
1/4 garam halus (bila menginginkan rasa ayam pedas, sobat kuliner bisa menambahkan bubuk cabe)
1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam

Cara Membuat ayam goreng ala KFC:

  1. Untuk Pelapis cair: Langkah pertama Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, lada, garam dan vetsin. Aduk sampai rata. Kemudian Masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata. Lalu Simpan di dalam kulkas/tempat yang dingin.
  2. Untuk Pelapis Kering:Langkahnya yaitu Campur semua bahan pelapis kering. Aduk sampai rata, kemudian Sisihkan.
  3. Selanjutnya Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih bubuk dan cabe merah bubuk. Aduk sampai rata. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap dengan sempurna.
  4. Selanjutnya Gulingkan potongan ayam ke dalam pelapis kering sampai seluruh permukaan ayam terselimuti tepung. Setelah itu Celupkan ayam ke dalam pelapis cair dan gulingkan kembali ke dalam pelapis kering sambil diremas-remas. Lakukan hingga 2 kali bila ingin ayam yang ekstra kriuk. Lakukan cara seperti ini hingga ayam habis.
  5. Selanjutnya Panaskan minyak, kemudian goreng ayam di dalam minyak banyak dengan panas sedang. Masak hingga ayam matang, berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat, kemudian ditiriskan.
  6. Ayam Goreng Tepung ala Kentucky siap untuk dihidangkan dengan saus & sambal.

Tips agar hasil gorengan ayam lebih crispy

  • Campuran antara tepung dan air: Yang perlu sobat kuliner ingat yaitu, campuran tepung dengan air ini jangan terlalu kental, sebaiknya tingkat keencerannya mirip dengan membuat adonan tepung pisang goreng.
  • Ketebalan tepung: Banyak yang berpikir ayam crispy adalah ayam dengan tepung yang tebal. namun justru tepung tebal itulah yang menjadi biang kerok kenapa ayam crispynya malah gak crispy. Satu kali balut sudah cukup yak sobat kuliner.

Referensi: http://resepkoki.co/ 

Demikianlah ulasan singkat ini buat sobat kuliner bagaimana cara membuat Ayam Goreng Ala KFC yang crispy. Resep Ayam Goreng Ala KFC ini dapat dipraktekkan secara langsung sebagai sajian istimewa untuk keluarga. Selamat mencoba yak sobat kuliner :)

Resep Praktis Membuat Ayam Goreng Ala KFC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown